5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Terbukti Ampuh!

Ini dia tuntutan di zaman digital dengan inovasi yang begitu cepat: kita harus produktif dan inovatif! Lengah sedikit saja, maka pesaing sangat mungkin segera menyusul kita. Demikian pula ketika kita menjadi karyawan, apabila kita tidak produktif, maka kecil kemungkinannya kita akan mendapatkan promosi. Produktivitas adalah hal yang penting, namun pertanyaannya: bagaimana cara meningkatkan produktivitas kita?

Well, pertanyaan tersebut akan coba saya jawab pada tulisan saya kali ini. Melalui studi berbagai literatur dan memelajari kebiasaan orang-orang sukses, maka inilah 5 cara meningkatkan produktivitas kerja yang terbukti ampuh dan dapat kita aplikasikan segera:

1. Tentukan tujuan-tujuan kecil

Tidak bisa dipungkiri lagi, menyusun tujuan-tujuan kecil yang merupakan pecahan dari tujuan besar kita merupakan cara meningkatkan produktivitas yang paling ampuh dan sering digunakan. Anda memang harus memiliki sebuah tujuan besar sebagai target anda, tetapi anda juga harus membuat tujuan tersebut menjadi mudah dicapai dengan menyusun tujuan-tujuan kecil.

Dengan tujuan-tujuan kecil, anda menjadi tahu langkah-langkah konkrit yang harus segera anda kerjakan. Selain itu, anda juga menjadi sadar langkah mana yang harus anda kerjakan, dan langkah mana yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Ini akan membuat anda menjadi lebih produktif karena langkah kerja anda lebih terstruktur dan langsung menuju tujuan.

Secara psikologis, membuat tujuan-tujuan kecil juga akan membuat anda lebih termotivasi. Ketika anda berhasil menyelesaikan satu tujuan kecil, anda akan merasa puas dan berhasil. Motivasi anda akan meningkat untuk segera mengerjakan tujuan kecil lainnya. Produktivitas anda pun ikut meningkat!

Contoh: Tujuan besar anda adalah “membuat blog yang dikunjungi oleh banyak orang”, maka tujuan-tujuan kecilnya adalah: “membeli hosting dan domain, menginstall wordpress, menulis 2 artikel per minggu, menulis e-book untuk dibagikan gratis kepada pembaca, dan sebagainya.”

2. Fokus

Anda sering ber-multitasking? Nampaknya anda perlu mengubah kebiasaan ini. Berbagai hasil riset telah membuktikan bahwa multitasking tidak baik bagi otak dan justru membuat kita tidak produktif.

Mulailah untuk fokus pada satu tugas saat sedang bekerja. Abaikan keinginan untuk membuka e-mail, ponsel, dan media sosial anda saat bekerja. Singkirkan juga pikiran-pikiran anda tentang tugas lain, karena anda bisa mengerjakannya kemudian. Anda juga bisa menggunakan teknik Pomodoro untuk mengelola waktu anda dengan baik sehingga anda bisa lebih fokus dalam bekerja.

(Oh iya, bila anda belum pernah membaca e-book saya yang berjudul “Lebih Fokus, Lebih Produktif”, anda bisa download di sini, GRATIS!)

cara meningkatkan produktivitas kerja

3. Istirahat secara rutin

Ya, anda tidak sedang salah membaca. Beristirahat secara rutin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja anda. Mungkin anda berpikir bahwa work hard itu baik, tapi akan lebih baik lagi kalau kita bisa work smart! Maka dari itu, anda tidak harus memaksa tubuh anda untuk bekerja keras terus-menerus tanpa henti. Saran-saran dari pakar kinerja justru mengajarkan kita untuk beristirahat secara rutin agar bisa lebih produktif dalam bekerja. Misalnya, ketika anda sudah bekerja selama 90 menit, anda bisa beristirahat sebentar selama 15-30 menit (silakan tentukan durasi kerja dan istirahat anda sendiri – Teknik Pomodoro menyarankan durasi yang lebih singkat lagi). Apa yang dilakukan ketika beristirahat? Anda bisa melakukan peregangan, mengambil air minum atau camilan, berjalan-jalan sebentar, dan sebagainya.

Beristirahat secara rutin terbukti membuat kita semakin produktif, sebab kita memberikan kesempatan bagi otak untuk menyegarkan dirinya kembali. Memaksa diri untuk terus bekerja tanpa henti akan membuat tubuh lelah dan justru mengalami penurunan kinerja.

4. Buat daftar prioritas tugas-tugas anda

Anda tentu memiliki banyak tugas dalam sehari (apalagi bila anda sudah memecah tugas tersebut menjadi tugas-tugas kecil!). Selanjutnya, anda harus membuat daftar prioritas dari tugas-tugas tersebut. Tugas mana yang harus selesai pagi ini juga, harus selesai sore ini, atau masih belum mepet dengan tenggat waktu penyelesaian? Anda sendiri yang tahu tugas-tugas mana yang harus segera diselesaikan dan masih bisa diselesaikan nanti. Pada pagi hari di awal kerja, tuliskan tugas-tugas yang harus anda kerjakan. Dari daftar tugas tersebut, urutkan berdasarkan prioritas. Urutkan dari yang harus selesai paling cepat hingga yang paling bisa dikerjakan nanti.

Dengan membuat daftar prioritas, anda menghemat waktu anda untuk memikirkan, “Apa yang harus dikerjakan setelah ini?” ketika anda berhasil menyelesaikan sebuah tugas. Selain itu, daftar prioritas juga menjaga anda agar tidak melupakan tugas-tugas penting anda. Singkatnya, memiliki daftar prioritas akan menghemat waktu dan tenaga anda!

5. Delegasikan tugas anda bila memungkinkan

Apakah anda bekerja dalam tim? Apabila ya, maka anda bisa membaca kembali daftar tugas anda, dan tandai tugas mana yang bisa anda delegasikan kepada orang lain di dalam tim anda. Biasanya, dengan alasan perfeksionis atau isu kepercayaan, seseorang segan untuk mendelegasikan tugasnya kepada orang lain. Ujung-ujungnya, anda justru akan menghabiskan waktu anda dengan hectic mengerjakan berbagai tugas.

Anda bisa mendelegasikan tugas-tugas yang sudah ada SOP-nya atau tugas yang sudah dimengerti oleh rekan kerja anda. Tidak perlu ragu bahwa hasilnya akan jelek, sebab ketika tugas tersebut sudah diselesaikan, anda bisa memeriksanya kembali dan memberikan sentuhan-sentuhan akhir bila perlu. Cara ini akan lebih menghemat waktu dan produktif dibandingkan anda mengerjakannya dari awal, bukan?

Lalu, bagaimana apabila anda adalah entrepreneur baru yang masih berjuang sendiri? Anda bisa outsource beberapa tugas anda kepada orang lain. Ada banyak freelancer yang menawarkan jasanya di internet, hubungi dan sisihkan sebagian budget anda untuk menggunakan jasa ini.

Gunakan waktu anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang penting dan prioritas.

Demikian 5 cara untuk meningkatkan produktivitas kerja yang bisa anda terapkan dalam aktivitas sehari-hari anda. Bagaimana dengan anda, apakah anda memiliki cara meningkatkan produktivitas kerja versi anda sendiri? Share tips dan pendapat anda di kolom komentar.

Berlangganan dan Download E-Book Berkualitas dari Blog Psikologi, Gratis!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *