Menjadi Lebih Produktif: 7 Cara Agar Tidak Selalu Menunda Pekerjaan

Apakah anda memiliki masalah dengan kebiasaan menunda pekerjaan? Memang, kebiasaan menunda atau prokrastinasi merupakan salah satu hal yang sering menjadi keluhan bagi para pekerja. Kebiasaan menunda merupakan hal yang harus segera kita hindari, karena dapat memberikan pengaruh negatif terhadap karir kita. Meskipun kita tahu kita tidak seharusnya menunda-nunda pekerjaan, tapi sulit untuk menghentikannya. Lalu, adakah cara agar tidak selalu menunda pekerjaan?

Tentu saja ada caranya, apalagi bila kita memahami proses terbentuknya perilaku. Berikut ini adalah 7 cara agar tidak selalu menunda pekerjaan, yang dapat kita laksanakan sehari-hari dalam aktivitas kita:

1. Buatlah jadwal untuk kegiatan yang akan kita lakukan. Buatlah catatan di kalender atau buku catatan untuk kegiatan hari ini, diperdetail dengan waktu (dalam jam dan menit) kegiatan itu akan dilakukan. Hal ini lebih efektif daripada hanya mengingat-ingat kegiatan tersebut di dalam kepala, yang justru berisiko lupa atau penjadwalan kita menjadi berantakan.

(Baca juga: Berkenalan dengan Teknik Pomodoro untuk Manajemen Waktu yang Lebih Baik)

2. Pertimbangkan juga waktu lebih untuk memulai tugas tersebut. Kadangkala tugas-tugas yang kita anggap kurang menyenangkan terasa sulit untuk dimulai. Kita bisa saja dengan mudah memikirkan, “Saya akan melakukan tugas ini selama 20 menit!”. Tapi pernahkah kita memperhitungkan waktu bagi diri kita untuk bersiap memulai tugas tersebut? Jangan-jangan, kita membutuhkan waktu lebih dari 20 menit karena hal-hal sepele yang lupa kita perhitungkan. Maka dari itu, jadwalkan dengan cukup waktu untuk aktivitas-aktivitas yang sulit.

Selain itu, mulailah sebuah pekerjaan dari hal yang lebih mudah untuk membantu membentuk suasana hati anda untuk bekerja.

3. Pecah-pecah tugas anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Tugas-tugas yang berat biasanya membuat kita merasa terbebani di awal, sehingga kita cenderung enggan untuk memulainya. Dengan memecah tugas besar anda menjadi tugas-tugas kecil yang dapat anda kerjakan, anda akan merasa lebih ringan secara psikologis sehingga tidak merasa terbebani. Anda pun akan menjadi lebih bersemangat untuk memulai mengerjakannya. Selain itu, jauh lebih mudah mengerjakan 10 tugas kecil daripada 1 tugas besar sekaligus.

Selain itu, secara psikologis, kita juga akan lebih termotivasi kita berhasil mengerjakan tugas-tugas kecil itu. Sebagai contoh, ketika kita sudah menyelesaikan 5 tugas kecil, pikiran kita akan berpikir bahwa kita sudah mengerjakan lima tugas sehingga memberikan kita rasa puas hati. Akibatnya? Lebih termotivasi.

(Baca juga: 6 Cara untuk Bekerja dengan Lebih Cerdas)

4. Bagian mana yang paling anda anggap sulit atau menakutkan? Kadangkala ada tugas yang anda rasa benar-benar sulit untuk dikerjakan dan anda anggap “menakutkan”, sehingga anda merasa enggan untuk memulai mengerjakannya. Cobalah untuk bertanya kepada diri anda sendiri, bisakah apabila tugas tersebut anda delegasikan kepada orang lain yang lebih mampu saja? Bisa jadi, orang yang anda delegasikan tugas itu justru bisa mengerjakannya dengan lebih cepat dan lebih baik; membuat anda juga tidak merasa terlalu terbebani.

5. Pilih waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas-tugas anda. Kita semua memiliki waktu produktif masing-masing yang berbeda. Kerjakanlah tugas-tugas yang berat itu pada waktu produktif anda. Pada waktu tersebut, kita akan merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi, lebih kreatif, dan merasa lebih berenergi untuk bekerja; sehingga sangat tepat untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit! Jadi, waktu apa yang paling tepat bagi anda untuk bekerja? Bagaimana suasana kerja yang baik bagi anda?

6. Persiapkan hal-hal yang anda butuhkan untuk mengerjakan tugas itu. Buat dulu daftar perlengkapan, berkas, atau benda-benda lainnya yang anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Dengan ini, anda akan lebih lancar dalam bekerja karena sudah memiliki persiapan yang tepat terlebih dahulu.

7. Beri hadiah untuk diri anda sendiri. Jangan sungkan untuk menghargai diri anda sendiri ketika anda berhasil mengerjakan tugas. Anda layak untuk mendapatkannya! Hadiahnya tidak harus sesuatu yang besar, cukup hal-hal kecil seperti mentraktir diri sendiri es krim atau secangkir kopi favorit. Sedikit hadiah dan motivasi tidak akan merugikan siapapun.

Bayangkan betapa produktifnya anda bila anda bisa menghentikan kebiasaan menunda sekarang juga. Tugas-tugas yang tidak anda selesaikan hanya membuat anda merasa cemas dan tidak tenang dalam beristirahat. Hidup dalam penundaan bukanlah hidup yang menyenangkan. Mulailah untuk menghentikan kebiasaan menunda saat ini juga!

Cara agar tidak selalu menunda pekerjaan ini tidak akan hanya berhasil apabila anda baca, tetapi harus segera anda praktikkan, sekarang juga!

Berlangganan dan Download E-Book Berkualitas dari Blog Psikologi, Gratis!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *