Berkenalan dengan Teknik Pomodoro: Metode Manajemen Waktu yang akan Memaksimalkan Produktivitas Anda!

Salah satu keinginan saya sebagai seorang profesional yang ingin mengembangkan dirinya adalah: mengelola waktu dengan lebih efektif!

Beruntungnya, saat ini sudah tersedia berbagai macam teknik manajemen waktu yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan produktivitas kita. Salah satunya adalah Teknik Pomodoro. Teknik ini merupakan metode manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo – seorang praktisi di bidang teknologi informasi – pada tahun 1980an. Awalnya ia menerapkan Teknik Pomodoro untuk membantu dirinya dan rekan-rekan sesama pengembang software agar mampu bekerja dengan lebih produktif. Namun lama-kelamaan metode ini ternyata juga diterapkan oleh teman-temannya di bidang pekerjaan yang lain. Cirillo pun menulis buku tentang Teknik Pomodoro dan menjadi populer hingga ke seluruh belahan bumi.

(Istilah “pomodoro” berasal dari bahasa Itali, yang berarti tomat. Cirillo mengambil istilah ini dari timer berbentuk tomat yang ia gunakan ketika masih menjadi mahasiswa.)

Prinsip dasar teknik ini adalah menggunakan timer untuk memecah waktu ke dalam interval kerja yang umumnya selama 25 menit. Antar interval kerja tersebut dipisahkan oleh istirahat singkat. Empat siklus waktu kerja dan waktu istirahat disebut sebagai satu set. Usai satu set, waktu istirahat yang lebih lama diberikan (15-30 menit).

Polanya adalah sebagai berikut: waktu kerja > istirahat singkat > waktu kerja > istirahat singkat > waktu kerja > istirahat singkat > waktu kerja > istirahat singkat > istirahat panjang > waktu kerja > istirahat singkat > dan seterusnya.

Anda bisa menerapkan Teknik Pomodoro dengan enam langkah ini:

  1. Tentukan tugas yang ingin anda selesaikan,
  2. Pasang timer sesuai dengan interval waktu kerja anda (satu waktu kerja disebut sebagai “pomodoro”). Umumnya satu pomodoro atau satu waktu kerja memiliki durasi sepanjang 25 menit.
  3. Kerjakan pekerjaan anda secara fokus.
  4. Setiap timer berbunyi, hentikan pekerjaan anda.
  5. Ambil istirahat singkat (3 hingga 5 menit).
  6. Setiap anda melewati empat kali pomodoro, anda bisa mengambil istirahat yang lebih panjang (15 hingga 30 menit).

Coba terapkan Teknik Podomoro dan buktikan efektivitasnya. Jangan lupa, ceritakan pengalaman anda dengan teknik ini di kolom komentar.

Selamat mencoba!

(Baca juga: Bekerja Lebih Produktif dengan Teknik Pomodoro)

Berlangganan dan Download E-Book Berkualitas dari Blog Psikologi, Gratis!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *