Sulit Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Insomnia merupakan salah satu permasalahan psikologis yang cukup sering dialami oleh beberapa orang. Insomnia ditandai dengan gangguan untuk beristirahat di malam hari (tidur), sehingga seseorang menjadi sulit terlelap. Hal ini tentu mengganggu aktivitas seseorang pada keesokan harinya, baik secara fisik maupun emosi. Maka dari itu, tak sedikit di antara mereka yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi insomnia tersebut. Memang, insomnia yang ringan masih bisa diatasi tanpa harus berobat. Oleh sebab itu, berikut strategi dan cara mengatasi insomnia tanpa obat:

1. Kurangi Asupan Kopi

Kopi merupakan ‘musuh’ utama bagi mereka yang mengidap penyakit insomnia setiap harinya. Hal ini dikarenakan, kadar kafein didalam kopi cenderung tinggi sehingga menyebabkan kesulitan untuk tidur di malam hari. Maka dari itu, untuk anda yang sedang mengalami insomnia, segera kurangi sebanyak mungkin asupan kafein anda, terutama dari kopi.

2. Kurangi Aktivitas Berlebih

Ternyata bukan hanya asupan kafein yang menyebabkan sulit tidur, tetapi melakukan aktivitas secara berlebih juga bisa menimbulkan masalah insomnia. Mulailah kurangi aktivitas-aktivitas anda dan berlebih agar anda bisa lebih mudah rileks pada malam hari dan tidur dengan nyenyak.

(Baca: Tips untuk Bekerja Lebih Cerdas)

3. Hindari Pemakaian Gadget sebelum Tidur

Umumnya ini terjadi pada kehidupan masyarakat di perkotaan, terutama remaja atau dewasa muda. Setelah berada di dalam kamar, segera hentikan penggunaan peralatan elektronik anda. Selain bisa menyebabkan waktu istirahat berkurang, penggunaan gadget sebelum tidur juga dapat mengurangi kualitas tidur kita.

Tentu kita ingin bangun pagi dengan sehat dan segar di keesokan harinya, bukan? Bila anda mulai mengalami gangguan tidur ringan, cobalah untuk menerapkan tiga strategi di atas. Namun apabila gangguan tidur anda semakin parah, maka cara mengatasi insomnia tanpa obat di atas sudah tidak efektif lagi. Cobalah untuk berkonsultasi kepada psikiater terdekat.

Berlangganan dan Download E-Book Berkualitas dari Blog Psikologi, Gratis!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *